Batik di Desa Prajekan Kidul

BATIK

 

Batik merupakan kerajinan yang memiliki potensi untuk dikembangkan dalam dunia mode. Indonesia merupakan negara yang memiliki beragam kerajinan batik pada berbagai wilayah dengan ciri yang berbeda-beda. Desa Prajekan Kidul memiliki pengrajin batik yang memiliki potensi untuk dikembangkan dalam usahanya. Pengrajin batik di Desa Prajekan Kidul bernama Bapak Triharyono. Bapak Triharyono memproduksi batik dengan bekerjasama dengan pengusaha di Bali. Pengiriman pesanan batik sering dikirim ke Bali pada bulan-bulan tertentu seperti bulan Mei dan Oktober. Selain menerima pesanan dari Bali, Bapak Triharyono juga menerima pesanan dari dalam daerah namun untuk skala kecil dan belum dikembangkan meluas dalam pemasarannya.

Pengrajin kelahiran 1969 ini memulai terjun ke dunia kerajinanbusana pada tahun 1990 di Bali. Sebelumnya Bapak Triharyono ini merantau ke Bali bekerja di Jogger sebagai pekerja print kaos selama satu tahun pada tahun 1990-1991. Berawal dari pekerjaan tersebut, kemudian Bapak Triharyono tertarik dalam dunia busana terutama yaitu kerajinan batik. Berasal dari ketertarikan tersebut Bapak Triharyono terdorong untuk mencari ilmu dan belajar tentang batik lebih dalam lagi. Kinerjanya yang bagus membuat Bapak Triharyono menjadi pegawai tetap dan diandalkan pada suatu perusahaan milik pengusaha di Bali yang memiliki pangsa pasar cukup besar untuk melayani permintaan dari luar negeri. Kinerjanya yang semakin bagus dari waktu ke waktu menjadikan Bapak Triharyono menjadi orang kepercayaan di salah satu perusahaan di Bali, hingga akhirnya pengusaha yang diikuti meninggal dan menutup usahanya. Setelah perusahaan pertama yang diikuti sudah tidak berjalan, Bapak Triharyono bekerja lagi di perusahaan lain milik pengusaha di Bali, sama halnya dengan perusahaan yang pertama, Bapak Triharyono juga memiliki kinerja yang bagus dan diandalkan oleh perusahaan tersebut sampai saat ini.

Saat ini Bapak Triharyono tidak lagi merantau di Bali dan kembali ke daerah tempat tinggalnya namun tetap bekerjasama dengan pengusaha di Bali. Pembuatan batik dilakukan kurang lebih 2 kali setahun yang kemudian dikirim ke Bali untuk pemesanan souvenir. Keahlian yang dimiliki Bapak Triharyono yaitu meliputi pembuatan batik canting, jumputan, stamp, print dan kombinasi stamp dan print. Tingkat kemahalan batik tergantung dari tingkat kesulitan teknik pembuatan dan kualitas bahan baku. Tingkatan kemahalan batik berdasarkan jenis teknik pembuatan yang digunakan adalah yang pertama batik canting, kedua batik jumputan, ketiga batik print dan terakhir batik stamp. Harga batik tulis dapat mencapai harga sebesar Rp 4.000.000,- sesuai pola permintaan batik yang dipesan konsumen. Untuk bahan baku dapat diperoleh di wilayah Banyuwangi dan Jember. Pengerajin lebih suka bekerjasama dengan pihak pengusaha luar yang dirasa cukup memudahkan dalam pemasarannya. Hasil batik Bapak Triharyono memiliki kualitas hasil yang tinggi dan telah terbukti mampu bersaing sampai ke luar negeri.

Contact Person : 082144054874

Adress            : Dusun Sraten I Desa Prajekan Kidul Kecamatan Prajekan Kabupaten Bondowoso

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar