Harap Tunggu ....

Change Color

Bondowoso – Desa Prajekan Kidul merupakan salah satu desa yang terletak pada Kecamatan  Prajekan, Kabupaten Bondowoso, Provinsi Jawa Timur. Sesuai mandat dari UU No. 6 Tahun  2014 tentang Desa menyatakan bahwa desa memiliki hak otonomi sendiri tanpa ada campur tangan dari pihak kabupaten atau lainya dalam melakukan pembangunan dan manajemen desa, Pembangunan desa dilakukan dengan pembangunan partisipatif yang mengedepankan aspirasi masyarakat desa yang akan dipertimbangkan dalam rencana pembangunan desa dan juga berbasis kearifan lokal. Desa Prajekan Kidul telah melakukan otonominya secara, sehingga memperoleh penghargaan dengan status mandiri karena pembangunannya, desa ini selaras dengan aspek ketahanan sosial, ketahanan ekonomi dan ketahanan ekologi yang berkelanjutan.
 
Desa Prajekan Kidul juga dapat disebut sebagai desa yang kompleks dalam memberikan kebermanfaatan bagi masyarakatnya dimana desa ini memiliki potensi berupa produk industri tempe yang cukup banyak. Tempe sendiri memiliki beberapa manfaat diantaranya yaitu dapat  membangun dan memperbaiki sel tubuh yang rusak, menurunkan risiko osteoporosis, mencegah anemia, menangkal radikal bebas, dan berbagai manfaat lain yang secara tidak langsung dapat menjaga gizi masyarakat sekitar dan juga menjaga ketahanan pangan Desa Prajekan Kidul. Selain itu, di Desa Prajekan Kidul terdapat kearifan lokal berupa kesenian.Ronteg Singo Ulung. Ronteg Singo Ulung digunakan untuk memperingati pengalaman dan kesaktian Ki Jasiman dan Jug Seng untuk berbagai kebaikan demi kemaslahatan Desa Belimbing. Ronteg Singo Ulung sudah ada sejak 500 tahun yang lalu dan dilestarikan di Padepokan Gema Buana. Kesenian Ronteg Singo Ulung mempunyai ciri khas berupa tarian dan atraksi yang unik dengan iringan komposisi musik tradisional yang bervariasi. Kesenian Ronteg Singo Ulung diperingati pada setiap tanggal 13-15 Sya’ban sesuai dengan kesepakatan masyarakat. Disamping itu, Kesenian Ronteg Singo Ulung biasanya juga dipentaskan untuk peringatan kemerdekaan RI, acara resmi kabupaten, perlombaan tingkat provinsi ataupun nasional.
 
Berdasarkan uraian yang telah dijelaskan sebelumnya, Kelompok KKN UMD 305 UNEJ memiliki program utama yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dengan fokus utama pada bidang wirausaha. Melihat dari potensi yang dimiliki oleh Desa Prajekan Kidul berupa banyaknya UMKM produksi tempe, kami menawarkan ide untuk menciptakan suatu inovasi dengan mengembangkan olahan tempe berupa pembuatan kripik tempe. Secara eksistensi dan daya saing, masih belum ada tempat produksi kripik tempe di Desa Prajekan Kidul. Maka berangkat dari hal tersebut, kelompok KKN UMD 305 memfokuskan inovasi kripik tempe dalam hal produksi dan branding dengan memanfaatkan  perkembangan teknologi yang semakin berkembang. Disamping itu, kami akan menawarkan nilai unggul produk yang berbeda dengan para pesaing, yaitu berupa produk dengan kualitas terbaik dan beragam yang memiliki beberapa varian rasa dengan kemasan yang higenis dan  harga yang terjangkau. Sehingga hal ini sesuai dengan tujuan awal kami membuat program. Selain program utama yang akan kami jalankan, kami juga memiliki beberapa program  tambahan yakni bersinergi dengan Sekretariat Padepokan Seni Gema Budaya yang akan melakukan pargelaran seni pada tanggal 20 Agustus 2022 sebagai runtutan acara dari memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia sebagai bentuk upaya pelestarian kearifan lokal Desa Prajekan Kidul.

Ada pertanyaan silahkan hubungi kami

Hubungi Kami di 0852 5891 1667